5 Tips Sebelum Makan Seafood di Restoran Bandar Jakarta Ancol

by Aniloka
85 views

Aniloka.com – Pada hari Minggu, 24 Juli 2022, akhirnya saya makan lagi di restoran Bandar Djakarta Ancol. Rasa seafoodnya masih enak dan konsisten. Terlebih setelah agak lama ga kesana karena pandemi, air mancur di depan Bandar Djakarta juga udah bisa menari dengan lampu warna-warni. Kalo malem dancing fountain aka water light shownya keliatan lebih bagus. Di sekitar pantai Ancol juga sudah keliatan lebih bagus, enak buat jalan jalan di sore hari.

Sebelum jalan-jalan di sekitar Pantai Ancol, saya makan dulu di restoran seafood Bandar Djakarta. Ketika ke restoran Bandar Djakarta, biasanya saya khususkan untuk makan banyak, mumpung lagi di resto seafood jadi sekalian aja pesen ini itu ampe kenyang 😆.


A. Tips Sebelum Makan Seafood di Restoran Bandar Jakarta Ancol


Buat kamu yang berencana mau makan di restoran seafood Bandar Djakarta Ancol, berikut ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan bahkan masih saya pakai sampai sekarang:

1). Cek Menu Bandar Djakarta, Kalau Bisa Sekalian Bikin List Menu yang Mau Dipesan

Buat saya, mengecek menu sebelum ke suatu restoran adalah hal yang sangat penting. Kenapa? Supaya kita ada gambaran menu-menu apa saja yang disajikan oleh restoran tersebut. Jadi pas datang udah ada gambaran nih mau makan apa, ga nunggu lama buat mikirin sampe nentuin menu yang mau dipesan.

Di Bandar Djakarta Ancol, terakhir saya kesana bulan Juli 2022, ketika datang, staff nya langsung ngarahin ke area order makanan. Saya tanya, “Apakah boleh ke area duduk dulu mbak?”. Mbaknya, “Boleh aja sih, tapi nanti ujungnya kesini lagi buat order, nanti malah bolak-balik. Mending langsung order sekarang aja.”

Untungnya sebelum dateng saya udah prepare list menu nya. Begitu ke area order, di samperin Mbak staff lainnya, saya udah bisa langsung nyebut, udang pancet besar saus ini itu dan bla bla bla lainnya. Setelah itu dikasih nomor, dan lanjut dianter ke area duduk. Baru setelah duduk, staff akan memberikan menu beverage untuk pesan minumnya.

Untuk menu Bandar Djakarta Ancol lengkap dengan harga dan foto makananya bisa dilihat di website official Bandar Djakarta.

2). Usahakan Hindari Jam-Jam Makan

Jika kamu tidak reservasi terlebih dahulu (sejauh ini saya selalu datang langsung), usahakan hindari jam-jam makan siang atau makan malam saat ke Bandar Djakarta Ancol. Tujuannya, supaya kita langsung dapet tempat duduk tanpa mengantri terlebih dahulu. Kita pun lebih leluasa untuk memilih area duduk. Area duduk yang saya rekomendasikan adalah yang menghadap danau Ancol, area ini memiliki view yang lebih bagus.

3). Ketahui Biaya Masuk Kawasan Ancol

Lokasi Bandar Djakarta Ancol berada di dalam kawasan Ancol. Oleh karena itu, untuk menuju Bandar Djakarta Ancol harus melewati pintu gerbang Ancol dimana kita harus membayar tiket per orang dan tiket kendaraan.

Jenis TiketNominal
Tiker Orang Masuk AncolRp 25.000,- / Orang
Tiket Kendaraan MotorRp 15.000,-
Tiket Kendaraan MobilRp 25.000,-
Tiket Kendaraan BusRp45.000,-

Untuk booking tiket masuk Ancol secara online, silakan kunjungi website official Ancol.

Apakah Taksi Blue Bird, Gocar, Grabcar kena charge tiket masuk di Ancol? Terakhir saya kesana pake Blue Bird dan ya, kena charge tiket kendaraan mobil dengan harga Rp 25.000,-. Petugasnya bilang, mereka cuma kerja sama dengan Grab, beberapa hari kemudian saya ke Ancol lagi dan memang benar, pakai Grab gratis tiket kendaraan mobil, kalau tiket orangnya tetap bayar.

Iklan

4). Sebaiknya Sekalian Gabung dengan Jadwal Jalan-Jalan di Kawasan Pantai Ancol

Dilihat dari poin sebelumnya, biaya masuk kawasan Ancol per-orang Rp 25.000,-, jika kita pergi 4 orang saja sudah Rp 100.000,- belum ditambah tiket mobil Rp 25.000,-, total bisa Rp 125.000,- dan ini baru tiket masuk. Oleh karenanya, saran saya, kalau mau makan di Bandar Djakarta Ancol, gabung aja sekalian dengan jadwal jalan-jalan atau main di area Pantai Ancol. Jadi ga sayang sama biaya masuknya.

Saya pernah nyoba dua-duanya, jalan-jalan dulu baru makan atau pun makan dulu baru jalan-jalan. Jujur saya lebih suka makan dulu baru jalan-jalan. Karena kalo ke Bandar Djakarta, saya niatnya mau makan banyak. Biasanya pagi makan dikit aja alhasil jadi laper, kalo jalan-jalan dulu nanti malah kepikiran makanan mulu. Sedangkan, jalan-jalan setelah makan ada resiko tersendiri juga. Perut agak begah dan kadang pengen pup 😤 😂.

Biasanya habis makan, nonton air mancur menari sebentar, terus jalan ke deket pantai dan duduk-duduk sampe sore atau malem.

5). Ga Ada Salahnya, Bawa Tissue Basah dan Sarung Tangan Plastik

Menurut saya, makan seafood akan identik dengan suasana ‘messy’. Meja penuh piring, makanan, serta entah kulit, tulang, atau pun cangkang seafood. Karena saya lebih suka makan seafood langsung pakai tangan, alhasil jadi belepotan. Maka dari itu saya selalu sedia tissue basah, handsanitizer, dan sarung tangan plastik.

Untuk tissue kering, restoran sudah menyediakan di setiap meja. Area cuci tangan juga ada banyak. Untuk sarung tangan plastik ini lebih buat teman saya karena dia ga suka kalo tangannya kotor belepotan. Jadi kita prepare sendiri dengan membawa sarung tangan plastik. Saya kurang tahu kalo restoran menyediakan sarung tangan plastik atau engga.

Nah begitulah kurang lebih tips-tips yang perlu dipertimbangkan sebelum makan seafood di restoran Bandar Djakarta Ancol. Lanjut scroll ke bawah buat cek menu dan liat real pic makanan seafood yang saya pesan di Bandar Djakarta Ancol.saat saya makan di tempat.


B. Daftar Harga dan Menu Bandar Djakarta Terbaru


Menu Bandar Djakarta Ancol lengkap dengan harga dan foto makananya bisa dilihat di website official Bandar Djakarta berikut ini:

Iklan


C. Menu Bandar Djakarta yang Biasanya Saya Beli + Fotonya


1). Udang Pancet Besar Saus Lada Hitam

Udang Pancet Besar Saus Lada Hitam (Udang Fresh bukan Live) Bandar Djakarta Ancol
Udang Pancet Besar Saus Lada Hitam

Menu: Udang Pancet Besar Saus Lada Hitam (Udang Fresh bukan Live)

Harga: Rp 120.000,-

Keterangan: Menu favorit saya yang pertama

Udang Pancet Besar Saus Lada Hitam adalah salah satu menu udang favorit saya di Bandar Djakarta. Sudah beberapa kali ke Bandar Djakarta Ancol dan selalu order Udang Pancet Besar Saus Lada Hitam. Rasanya enak, gurih, bumbunya meresap, dan yang paling penting adalah rasanya konsisten, baik ketika makan di restoran maupun ketika order online.

2). Udang Pancet Besar Saus Butter Garlic

Udang Pancet Besar Saus Butter Garlic (Udang Fresh bukan Live) Bandar Djakarta Ancol
Udang Pancet Besar Saus Butter Garlic

Menu: Udang Pancet Besar Saus Butter Garlic (Udang Fresh bukan Live)

Harga: Rp 120.000,-

Keterangan: Menu favorit saya yang kedua

Dari segi penampakan (rasanya tentu beda ya), udang saus butter garlic sekilas keliatan mirip sama udang saus lada hitam. Bedanya, udang saus butter garlic banyak bawah putih dan bawang merahnya. Bumbunya meresap dan lama lama berasa pedes karena ada cabe rawitnya, terutama di kuahnya. Cocok untuk disiramkan ke nasi anget di piring pas makan. Bawang putih dan merahnya juga enak buat langsung dikunyah.

Iklan

3). Udang Pancet Besar Bakar Madu Pedas

Udang Pancet Besar Saus Bakar Madu Pedas (Udang Fresh bukan Live) Bandar Djakarta Ancol
Udang Pancet Besar Bakar Madu Pedas

Menu: Udang Pancet Besar Bakar Madu Pedas (Udang Fresh bukan Live)

Harga: Rp 120.000,-

Awalnya saya suka Udang Bakar Madu, tapi sekarang udah ga terlalu, walaupun rasanya masih tetap enak. Menurut saya, rasa manis di udang bakar madu lama-lama berasa lebih manis. Kalau makan udangnya banyak bisa bikin enek. Bumbunya kentel, manis, dan bold, sedangkan untuk udang saya lebih suka yang gurih.

4). Ikan Gurame Saus Asam Manis

Ikan Gurame Saus Asam Manis Bandar Djakarta Ancol
Ikan Gurame Saus Asam Manis

Menu: Ikan Gurame Saus Asam Manis

Harga: Rp 98.000,-

Keterangan: Menu ikan favoritku

Guramenya ukurannya besar dan enak, apalagi dagingnya udah dipisahin dari tulang, tinggal makan. Nyamm!

5). Kangkung Cah Bawang Putih

Kangkung Cah Bawang Putih Bandar Djakarta Ancol
Kangkung Cah Bawang Putih

Menu: Kangkung Cah Bawang Putih

Harga: Rp 28.000,-

Keterangan: Menu sayuran favorit saya

Paling enak kalo dimakan pas masih panas. Pernah ketika order online di Bandar Djakarta Ancol, begitu sampai kangkungnya gak terlalu panas, rasanya jadi ga seenak pas makan di restoran.

6). Bakwan Jagung

Bakwan Jagung Bandar Djakarta Ancol

Menu: Bakwan Jagung

Harga: Rp 45.000,-

Keterangan: Satu porsi ada 5 bakwan jagung kripsy ukuran besar

7). Minuman

Untuk minuman saya suka order kelapa batok (Rp 29.000,-) dan coca cola (Rp 15.000,-). Sayangnya kelapa batok disini ga dingin, tapi bisa minta tambahan es batu. Coba kelapa batoknya dingin macam di resto-resto Bali, pasti makin maknyus. Untuk coca colanya di sajikan dengan es batu di gelas. Coca cola adalah minuman favorit saya ketika makan di restoran, ga tahu kenapa rasanya jadi makin cetar kalo pake coca cola 😂. Kalau ada coca cola zero pasti saya pilih yang zero, sayangnya di Bandar Djakarta adanya coca cola normal.


D. Pengalaman Order Online di Website Bandar Djakarta Ancol


Sekitar bulan Februari 2022, saat sedang menginap di Hotel The Grove Suites Jakarta, saya pengen makan seafood tapi males keluar buat nyari makan. Alhasil, nyoba order seafood online di website Bandar Djakarta Ancol. Berikut foto-foto setelah makanan datang. Berasa mau hajatan saking banyaknya 🤣

Aniloka
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: